NPUST

Oral Defense Preparation… Semangad yah :)

Yak sodara-sodara sebangsa dan setanah air…

setelah sekian lama nggak sempet nulis, sekarang saia mau ngasih kabar kalau saia udah lulus…

Alhamdulillah yah… 🙂

jadi tanggal 8 July 2013 kemaren tepatnya jam 13.30 – 15.00 waktu Pingtung, Taiwan saia telah melaksanakan Oral Defense.

nah yang dimaksud Oral defense disini bukannya saia main basket yah (karena ini pernah ditanyakan teman saia).

Oral defense adalah yang kita kenal sebagai “ujian kompre” kalo di Indonesia.

jadi setelah sekitar satu setengah jam saia duduk di kursi panas di dalam ruang sidang…

agak ngeles ke kanan dan ke kiri pas ditanya para penguji…

menangkis dan memantulkan berbagai macam pertanyaan yand dilontarkan penguji…

serta menjelaskan tikungan-tikungan dan jalan yang saia tempuh selama pengerjaan penelitian thesis,

akhirnya saia dinyatakan LULUS…

sungguh melegakan akhirnya semua perjuangan terbayar sudah.

 

Nah, saia disini bukannya mau cerita kebahagiaan setelah lulus yang memang MEMBAHAGIAKAN BANGET… hehehe :p

tapi saia mau sedikit bagi-bagi tips soal persiapan Oral defense yang klo nggak bener-bener disipain bisa bikin stress.

Padahal stress mikirin presentasi sepertinya udah cukup deh yah…jadi aku mau bantu dikit ngurangi stress persiapannya…

 

Here we go…Let’s check it out guys….

  1. Pertama-tama pastikan dulu dengan YAKIN kapan kalian ingin ujian. tanggal ini tentunya sudah dibicarakan dengan kedua belah pihak pembimbing dari NPUST maupun UB, sehingga tidak ada lagi keraguan. kalau memang memungkinkan tentukan tanggal ujian paling nggak satu bulan sebelumnya.jadi ada 1 bulan waktu untuk persiapan. jangan dikira ujian itu cuman perkara kamu presentasi yah, ini menyangkut KERIBETAN yang harus diurus oleh 2 negara (agak lebay dikit gpp lah…hehehe :p)
  2. Laporkan tanggal ujianmu tersebut kepada pengurus DD-UB dan juga International Affairs NPUST (Barbara). Ini bagian yang paling KRUSIAL dalam pengurusan, karena kalau ini telat kalian laporkan, akan ada efek domino  yang sangat sial…  telat melapor – invitation letter telat – pengurusan visa tak bisa tepat waktu – ujian tertunda. Nah efek yang paling belakang ini yang bikin ngeri. jadi jangan samapi lupa point ini. Seperti aku sebutkan di rentetan efek domino, pelaporan ini berkaitan dengan permintaan invitation letter bagi penguji dari Indonesia. (Invitation Letter ini dibuat oleh Barbara dan dikirimkan kepada pengurus DD di Indonesia sebagai kelengkapan berkas pengurusan visa). Lapor ke Barbara disertai dengan menyerahkan form data advisor yang dapat diperoleh dari Barbara. ini nih contohnya Data of Advisor from University Brawijaya-barbara jadi setelah melapor ke Barbara JANGAN LUPA untuk meminta invitation letter ini yah!!! biasanya Barbara akan mengirim via email semacam ini Invitation letter_Aisha & Adelya Desi Kurniawati nah itu langsung ajah foward ke pengurus DD-UB, dan jangan lupa dikonfirmasi sampai mereka bilang OK sudah menerima, via telpon atau chat. ini penting daripada terjadi miss komunikasi yang tidak diinginkan. satu lagi, pastikan nama advisor di Invitation Letter itu sudah benar sesuai paspor yah!!
  3. Kalau 2 hal di atas sudah beres kalian bisa tenang sambil menunggu kabar visa beres… jangan lupa bereskan DRAFT!!!
  4. DRAFT thesis sebisa mungkin sudah siap 2 minggu sebelum tanggal ujian. dan seminggu sebelum ujian DRAFT itu sudah HARUS ada di tangan para penguji (Commitee)…ini demi kelancaran ujian kalian juga.kan penguji belum tentu paham topik kalian jadi biar yang ditanyakanpun lebih terarah.
  5. Selanjutnya setelah ada kepastian kedatangan para advisor dari Indonesia, kalian harus menyusun jadwal penjemputan dengan Barbara, ini berkaitan dengan ada tidaknya mobil sekolah dan berapa banyak kamar yang harus di booking di guest houst, jadi tentu ini juga penting, kalau kalian nggak mau advisor kalian terlantar.hehehe :p Urusan ini semacam sedikit ribet dan menguras sebagian otak, jadi kalian harus sabar yah… tapi tenang, Barbara sangat profesional dan membantu kok… 🙂
  6. Kalau udah mepet-mepet uijian pasti ada ajah yang terlupa… jadi jangan lupa selalu bikin note and chek list yah…
  7. Mendaftarkan jadwal Oral defense di Academic Office (Si John kalau di Biotech) sekaligus pinjam ruangan. kemudian demi kelancaran presentasi, pinjamlah kunci ruang ujian dan coba ppt kalian sehari sebelum ujian.jadi kalian YAKIN kalau ppt berjalan dengan lancar.
  8. Untuk kebutuhan pas hari H ada beberapa macem nih… yang pertama tentu saja DRAFT, jadi jangan lupa untuk menyediakan print out buat para advisor Indonesia, dan juga tentu diri sendiri harus pegang yah.. kedua, snack, umumnya ada 5 macam items yang disediakan,meliputi cake, buah, kopi, juice/teh, dan air putih (macem-macem beud yah…tapi beginilah kebiasaan disini, jadi manut aja deh). ketiga adalah gift atau kita biasa sebut goodiebag (arti sebenarnya adalah sebuah tas yang berisi hadiah). Yang ini terserah teman-teman mau dikasih apa…biasanya sih kue atau souvenir lucu-lucu nan imut.. 🙂 yang keempat dan paling penting adalah FORM UJIAN. ini ada beberapa macemnya…sebagai berikut : a) Form penilaian, ini harus kalian siapkan sebanyak jumlah commitee (penguji), modelnya seperti ini 論文口試評分表(x3)Adel. b) Form commitee, yang ini kalian siapkan sebanyak jumlah copy thesis yang kalian inginkan, karena form ini nantinya akan dilampirkan di dalam thesis. ada dua versi, chinese kayak begini 論文口試審定書(X1)Adel dan versi english yang seperti inih Adel form oral english. c) Form validasi (sebenernya saia nggak gitu yakin ini namanya, tapi gpp lah) yang modelnya macam inih 研究生參加論文考試結果通知書(x2)Adel siapkan 2 copy, dan d) terakhir adalah form kehadiran atau absensi commitee.yang ini aku nggak ada contohnya.boleh minta di Academic Office masing-masing aja yah 🙂 Selanjutnya pastikan semua form ini sudah ditandatangani begitu kalian keluar ruangan Oral Defense.jangan sampai Advisor dari Indonesia belum tanda tangan dan mereka sudah balik ke Indo, juga penguji dari luar departemen.bisa beribet nanti urusannya….
  9. Siapkan softcopy semua form di point 8 dalam flash disk yah teman-teman. karena judul pada form harus sama persis dengan judul akhir thesis kalian.jadi kalau ada perubahan selama kalian Oral harus diganti dengan segera dan di print ulang.Form yang telah ditandatangi commitee adalah form valid yang sudah tidak bisa diganti lagi… jadi pastikan SEMUA BENAR DAN SEMPURNA.hehehe :p

Yak, teman-teman sekian dulu deh pembagian tips sebelum Oral Defense…

Sukses buat teman-teman semua…

Yakin dan percaya diri adalah kuncinya… dan ingat aja kalau penelitian itu kalian yang melakukan.jadi nggak ada orang yang lebih tau darpida kalian sendiri…

SEMANGADZ dan semoga ini bisa mengurangi stress yang bisa dihindari… 🙂

Leave a comment